Home · General · Tips and Tricks · Education Others

OPTIMALISASI PROSES PEMBIMBINGAN TUGAS AKHIR DENGAN DIGITALISASI PENJADWALAN DAN MONITORING MENGGUNAKAN APLIKASI MY SV (MY SUPERVISION)

Tugas Akhir

Tugas Akhir (TA) merupakan aktivitas akademik yang harus dilalui mahasiswa setelah melakukan proses pembelajaran di kelas. Tugas akhir juga menjadi syarat bagi mahasiswa untuk menamatkan studinya. Setiap perguruan tinggi menerapkan berbagai aturan dalam proses tugas akhir.

Berdasarkan observasi, mahasiswa S1 terutama bidang informatika / ilmu komputer menyelesaikan tugas akhir dengan durasi yang tergolong lama, sehingga banyaknya mahasiswa yang tidak tamat tepat waktu atau dikenal dengan istilah Graduate on Time (GOT). Bahkan setiap tahunnya selalu ada mahasiswa yang diambang batas semester 14.

Berdasarkan studi pustaka, penyelesaian tugas akhir terkadang memerlukan waktu yang lama disebabkan oleh berbagai hal. Ada dua factor yang mempengaruhi, seperti:

  • Faktor eksternal terdiri dari materi penelitian serta pemilihan strategi penelitian yang dilakukan.
  • Faktor internal yaitu dari motivasi kemauan dan kemampuan menulis mahasiswa yang rendah, dan ketahanan mahasiswa dalam menyelesaikan penelitiannya (Zain et al., 2021).

Secara teori, kedua faktor ini bisa diatasi ketika mahasiswa mendapatkan bimbingan yang tepat dan proses mudah. Berdasarkan hasil penelitian terbaru Zain, dkk (2021) diperoleh bahwa sebanyak 25% kesulitan mahasiswa dalam menyusun skripsi adalah pada tahap pembimbingan. Kemudian kondisi diperburuk dengan pandemi yang menyebabkan adanya pembatasan sosial sehingga kesulitan dalam melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing.

Kondisi Sekarang

Mengingat pentingnya aktivitas bimbingan terhadap kelancaran tugas akhir, maka sudah seharusnya mahasiswa melakukan pembimbingan yang teratur dan rutin. Namun, masih belum optimalnya kesepakatan jadwal bimbingan dapat menghambat proses pembimbingan (Constantianus et al., 2005; Rosari & Dewi, 2016; Zain et al., 2021). Dengan kemajuan teknologi, mahasiswa sudah ada alternatif cara berkomunikasi dengan pembimbing, yaitu menggunakan aplikasi pesan instan seperti Whatsapp, Telegram dan sejenisnya. Tapi faktanya, aplikasi pesan instan di zaman sekarang ini juga tidak mengakomodasi untuk dosen dalam menjadwalkan bimbingan dengan cepat terhadap banyak mahasiswa. Aplikasi pesan instan juga tidak dapat menjadi repositori penyimpanan berkas yang berstruktur dan mudah dicari. Apalagi jika dosen juga mempunyai mahasiswa bimbingan dari berbagai kampus dan Strata pendidikan.

Selain itu, pimpinan juga tidak dapat melakukan monitoring terhadap kegiatan pembimbingan karena belum adanya aplikasi yang mengakomodasi hal tersebut. Apabila isu ini tidak diselesaikan maka akan berdampak terhadap rendahnya angka mahasiswa bidang Komputer yang Graduate on Time (GOT) dan juga berpengaruh buruk terhadap kualitas pelayanan serta penilaian akreditasi Program Studi.

Kondisi Ideal

Kondisi ideal yang harus dicapai dalam optimalisasi proses pembimbingan tugas akhir adalah:

Dosen pembimbing bersikap profesional dan mampu berkomunikasi dengan baik dalam hal mengatur jadwal bimbingan, meluangkan waktu dalam proses pembimbingan serta memberikan respon yang cepat jika menjadwalkan bimbingan. Kemudian mahasiswa dan dosen pembimbing sama-sama menjadi mitra yang kolaboratif dalam penelitian.

Mengapa aplikasi My SV (My Supervision)?

Kondisi ini akan dicapai jika menggunakan aplikasi My SV, karena:

  1. Aplikasi My SV tidak berbayar alias gratis.
  2. Aplikasi My SV tersedia untuk dosen, mahasiswa dan pimpinan (Ketua Program Studi).
  3. Penjadwalan bimbingan tugas akhir dapat disepakati dengan mudah dan cepat.
  4. Dosen fleksibel menentukan waktu dan tempat bimbingan.
  5. Mendukung penggunaan lintas Prodi, Universitas dan Jenjang Strata Pendidikan (S-1, S-2 dan S-3) seluruh Kampus di Indonesia.
  6. Bisa digunakan untuk dua orang dosen Pembimbing.
  7. Dosen dapat memberikan pesan/info broadcast kepada semua mahasiswa bimbingan
  8. Setiap aktivitas bimbingan menjadi catatan untuk monitoring bagi dosen (progress report) yang bisa dicetak kapanpun.
  9. Aktivitas bimbingan yang dicetak dapat berfungsi sebagai kartu bimbingan dan menjadi syarat untuk seminar bagi mahasiswa, sedangkan bagi dosen dapat digunakan sebagai bukti kinerja dan sebagai bukti instrument borang akreditasi bagi Program Studi.
  10. Monitoring aktivitas pembimbingan dapat dilakukan dengan mudah oleh Pimpinan via aplikasi
  11. Dosen dan mahasiswa diharapkan tidak akan lupa waktu bimbingan karena sudah ada notifikasi dan pengingat via email.
  12. Adanya repositori penyimpanan file sehingga memudahkan dalam pencarian file ketika proses pembimbingan.
  13. Mendukung go green dengan konsep paperless.

Silakan unduh aplikasi My SV di sini:

·       Jika anda seorang Dosen Pembimbing (Supervisor) silakan unduh aplikasi My SV versi Dosen di sini!

·       Jika anda seorang Mahasiswa (Student) silakan unduh aplikasi My SV versi Mahasiswa di sini!


 

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "OPTIMALISASI PROSES PEMBIMBINGAN TUGAS AKHIR DENGAN DIGITALISASI PENJADWALAN DAN MONITORING MENGGUNAKAN APLIKASI MY SV (MY SUPERVISION)"