Home · General · Tips and Tricks · Education Others

Sentiment Analysis dan Text Mining ‘Pertemuan Megawati dan Prabowo’ Menggunakan Algoritma Bayesian Belief Network

Keisengan saya yang kedua adalah ingin mengetahui opini para pengguna media sosial pasca pertemuan Megawati dan Prabowo, yang dikenal di media sosial sebagai “politik nasi goreng”. Keisengan pertama dapat dilihat di sini.

Topik riset data science semakin ‘ngetren’ bagi para peneliti bidang keahlian Machine Learning. Apalagi dengan meningkatnya dan mendominasinya media sosial dalam hampir setiap aktivitas kehidupan sehari-hari. Peneliti harus jeli memahami kekuatan dan potensi yang dapat ditawarkan oleh perkembangan teknologi yang saling berhubungan.
Apakah pengguna media sosial beropini “positif” atau “negatif” terhadap pertemuan Megawati dan Prabowo? 
Saya telah men-generate berbagai status pengguna twitter dalam bahasa Indonesia. Maka beginilah hasilnya:

Hasil opini pengguna media sosial terhadap pertemuan Prabowo-Megawati


Ternyata berdasarkan sampel data diperoleh lebih banyak pengguna media sosial beropini Positif terhadap pertemuan tersebut, yaitu sebesar 78%. Agar opini yang ditambang lebih menghasilkan knowledge, maka saya juga menggabungkannya dengan text mining dan Pengkelasan algoritma Bayesian Belief Network dengan prior probability di atas 0.2%, begini hasil penambangan teks pada 10,000 data:

Hasil penambangan teks pada opini pengguna twitter terhadap pertemuan Megawati-Prabowo dengan Prior Probability di atas 0.2% 


Nah bagaimana tafsiran rekan-rekan dengan beberapa teks yang muncul dalam opini dari 10,000 pengguna tersebut? Bagi yang ingin data mentahnya silahkan kontak saya, termasuk yang ingin kolaborasi bersama untuk menyempurnakan “riset iseng” saya ini :)

Bagi yang ingin mengikuti Data Mining Fundamental Training untuk tanggal 6-8 Agustus 2019 bisa lihat informasinya di sini.
  • Dosen Teknik Informatika UIN Suska Riau
  • Peneliti di Center For Artificial Intelligence Technology (CAIT) Malaysia

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Sentiment Analysis dan Text Mining ‘Pertemuan Megawati dan Prabowo’ Menggunakan Algoritma Bayesian Belief Network"

Post a Comment